[Movie Review] Train To Busan

Judul : Train To Busan
Genre : Disaster Blockbuster
Asal : Korea Selatan
Sutradara : Yeon Sang Ho
Cast : Gong Yoo, Jung Yoo Mi, Ahn Soo Hee, Choi Woo Sik, Ma Deong Sok

World War Z, Resident Evil dan Train to Busan adalah tiga film yang mengangkat tema tentang disaster blockbuster atau survival horror dan mempunyai satu elemen yang sama, yaitu zombie. Tapi setelah menonton filmnya (Pop in Asia berkesempatan menghadiri screening film Train To Busan oleh Cinemaxxx, 29 Agustus 2016) kemarin, mungkin pendekatan yang diberikan film ini sangatlah berbeda dibanding kedua film tersebut.

Ketika film seperti World War Z dan seri dari Resident Evil menampilkan para sosok heroik seperti Brad Pitt atau Mila Jovovich memberantas zombie dengan kekuatan super dan senjata, di film ini kita akan melihat bagaimana sekelompok manusia berusaha bertahan hidup menghindari kejaran zombie tanpa senjata dan kekuatan supernatural.

Film berawal ketika Seok Woo (Gong Yoo) ingin mengantar anaknya Su-An (Kim Soo-Ahn) ke Busan untuk bertemu ibunya. Seok Woo telah lama berpisah dengan istrinya dan karena kesibukan sebagai manager dia terlihat mentelantarkan anaknya. Karena merasa bersalah dan juga berhubung Su-An sedang berulang tahun, akhirnya mereka berangkat ke Busan dengan KTX (Korean Train Express) dari stasiun Seoul.

Di dalam kereta mereka bertemu dengan beberapa orang seperti pasangan suami-istri Sang Hwa (Ma Dong Seok) dan Sun Gyeong (Jung Yoo Mi) yang sedang mengantri di toilet. Kemudian ada pasangan muda Young Guk (Choi Woo Sik) dan Jin Hee (Ahn So Hee) yang merupakan anggota team baseball. Situasi mulai mencekam ketika ada satu penumpang wanita yang terinfeksi oleh virus zombie masuk pada saat kereta KTX akan berangkat dari Seoul menuju Busan. Jika sampai tergigit oleh manusia yang telah terinfeksi, dalam hitungan menit mereka juga akan menjadi Zombie dan penyebarannya terjadi sangat cepat.

Seok Woo yang tertidur mulai panik ketika Su-An menghilang. Situasi didalam kereta tidak terkendali dan satu persatu manusia di gerbong belakang kereta berubah menjadi Zombie. Dari berita yang ada, seluruh Korea lumpuh dari infeksi virus Zombie dan kota yang steril dari serangan zombie hanya Busan. Seok Woo,Su-An dan beberapa penumpang lainnya berjuang untuk hidup didalam kereta dengan cara berusaha melawan dan belari dari kejaran zombie untuk sampai dengan selamat di Busan.

Dari segi cerita film ini menawarkan hal yang berbeda dari beberapa film tema yang sama. Ketika film lain lebih menitikberatkan pembasmian zombie dengan senjata, disini kalian bisa melihat cara bertahan hidup dari pandangan manusia biasa. Zombie yang ada di film ini juga dibuat sangat menakutkan sehingga adrenalin kita terpacu untuk menyaksikan adegan demi adegan yang ada di film ini.

Tetapi film ini juga mempunyai kekurangan. Sayangnya ketika film bertema yang sama seperti Resident Evil / World War Z lebih merinci tentang bagaimana asal mula virus itu berasal, dari awal sampai akhir cerita tidak dijelaskan secara detail bagaimana dan apa penyebab sehingga manusia terinfeksi virus tersebut.

Sebagai pembanding film disaster dari Korea yang bertemakan sama, kalian bisa menonton film The Flu (Soo-Ae, Jang Hyuk) yang bercerita tentang penyebaran virus mematikan di korea atau The Host (Song Kang Ho, Bae Doo Na) yang merupakan film tentang monster yang hidup di dasar Sungai Han.

Film Train To Busan dapat disaksikan di Cinemaxx mulai 31 Agustus mendatang. Wajib nonton loh Poppers!

Movie Trivia:

Film dengan durasi lebih kurang 118 menit ini merupakan film live-action pertama bagi sang sutradara Yeon Sang-Ho dan merupakan salah satu film dengan pemeran-pemeran terbaik dari Korea Selatan yaitu GONG Yoo, JUNG Yu-mi, MA Dong-seok, CHOI Qoo-sik, AHN So-hee, KIM Eui-sung dan KIM Su-an.

Film ini juga dibuat dengan bekerjasama dengan filmmaker-filmmaker ternama di Korea Selatan yang telah menelurkan judul-judul besar seperti Veteran, Roaring Currents, The Attorney dan juga Masquerade.

Ini merupakan kerjasama kedua untuk aktor Gong Yoo dan Jung Yu mi, Sebelumnya mereka beradu akting di film Silenced (2011).

Film Train To Busan juga tayang di Festival Film Cannes 2016.

 

Tags:

You may also like...

0 thoughts on “[Movie Review] Train To Busan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you a robot ? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.