7 Makanan Musim Panas Terfavorit di Korea Selatan Versi Popinasia

Musim panas adalah musim yang dinanti oleh sebagian warga negara Korea Selatan. Di musim inilah mereka dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang tidak dapat mereka lakukan pada musim-musim lain, seperti berenang, mendaki dan lain-lain. Sehingga, mereka membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas tersebut. Berikut, 7 makanan terfavorit di Korea Selatan versi popinasia :

1. Samgyetang (삼계탕)

Samgyetang adalah makanan tradisional Korea Selatan yang terbuat dari bahan dasar ayam dan ginseng.
Makanan ini merupakan makanan khas yang dimakan pada saat musim panas. Adanya gingseng di dalamnya membuat makanan ini sangat bergizi dan dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Biasanya warga Korea Selatan memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas: Chobok, Jungbok dan Malbok, yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun.

Samgyetang

2. Chogyetang (초계탕)

Chogyetang adalah makanan yang terbuat dari ayam, telur dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Hampir sama seperti samgyetang yang berbahan dasar ayam, bedanya adalah ayam yang digunakan dalam makanan ini bukanlah ayam utuh, tetapi ayam yang telah disuir-suir. Uniknya, makanan ini disajikan dalam keadaan dingin dan dirasa tepat untuk dimakan pada musim panas oleh warga Korea Selatan. Namun hal yang berlawanan terjadi karena beberapa daerah di Korea Utara menyantap makanan ini pada musim dingin.

chogyetang

3. Naengmyeon (냉면)

Naengmyeon berasal dari kata naeng yang berarti dingin dan myeon yang berarti mie. Dari namanya ini, sudah jelas bahwa makanan ini berbahan dasar mie gandum, namun uniknya, makanan ini disajikan dengan kuah dari kaldu sapi yang dingin. Pada masa lampau, naengmyeon ini dinikmati pada musim dingin, namun pada masa kini, warga Korea Selatan gemar mengkonsumsinya pada musim panas.

Naengmyeon

4. Makguksu (막국수)

Hampir sama dengan Naengmyeon, makguksu adalah makanan yang berbahan dasar mie dingin. Bedanya, Makguksu tidak menggunakan sup kaldu, melainkan menggunakan pasta cabai (gochujang) yang memberikan rasa pedas.

Makguksu

5. Memilmyeon (메밀면)

Memilmyeon merupakan makanan yang berasal dari myeon (mie). Hampir sama dengan Makguksu yang berbahan dasar mie dan pasta, bedanya memilmyeon dibuat dengan menggunakan pasta tepung.

Memilmyeon

6. Sachultang (사철탕) atau Bosintang (보신탕)

Sachultang merupakan makanan Korea Selatan yang termasuk dalam bosintang, yang berarti makanan yang menyehatkan. Makanan ini berbentuk sup yang berbahan dasar daging kambing. Daging kambing yang dipercaya dapat meningkatkan darah digunakan sebagai penambah stamina tubuh oleh warga Korea Selatan, sehingga makanan ini dirasa tepat untuk musim panas.

Sachultang

7. Hwachae (화채)
Makanan favorit terakhir adalah Hwache. Sebagian warga menggolongkan hwache ke dalam jenis minuman.
Dan sebagian lagi menggolongkannya ke dalam jenis makanan. Hwache adalah makanan yang berbahan dasar buah-buahan yang disajikan dengan dingin dan sangat cocok pada musim panas.

Hwachae

Tags:

You may also like...

0 thoughts on “7 Makanan Musim Panas Terfavorit di Korea Selatan Versi Popinasia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you a robot ? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.